You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Semuntai
Semuntai

Kec. Long Ikis, Kab. PASER, Provinsi Kalimantan Timur

Selamat datang di Website Desa Semuntai, Layanan Publik dan Keterbukaan Informasi Desa Semuntai : MAJU BERSAMA WUJUDKAN DESA SEMUNTAI YANG ADIL DAN SEJAHTERA

Warga Desa Semuntai Keluhkan Pemadaman Listrik dan Krisis Air Bersih

FADLIANSYAH, S.Pd 14 April 2025 Dibaca 81 Kali
Warga Desa Semuntai Keluhkan Pemadaman Listrik dan Krisis Air Bersih

Semuntai - Pemerintahan Desa Semuntai yang terdiri dari Kepala Desa Semuntai, Ketua BPD, Wakil BPD serta Kasi Pemerintahan Desa Semuntai menyambangi Kantor Unit Kebun Tabara PTPN IV Regional V tindaklanjut atas keluhan masyarakat perihal pemadaman listrik dan krisis air bersih warga Desa Semuntai di wilayah RT. 008, RT. 013 & RT. 014 (Afdeling 3, 4 & 5) PT. Perkebunan Nusantara IV Regional V. (Senin,14/04/2015).

Kunjungan dari Pemerintahan Desa Semuntai tersebut diterima langsung oleh Anwar Ashari selaku Manajer Kebun Tabara PTPN IV Regional V di ruang kerjanya. 

Pada pertemuan tersebut Kepala Desa Semuntai, Muhammad Saleh mempertanyakan permasalahan yang menyebabkan terjadinya pemadaman listrik dan krisis air bersih di wilayah Afdeling 3, 4 dan 5 PTPN IV Regional V.

"Beberapa warga telah menyampaikan keluhan terkait pemadaman dan krisis air bersih yang terjadi selama 6 hari di wilayah afdeling Desa Semuntai sampai saat ini", Ungkap Saleh

Saleh juga menerangkan bahwa kejadian tersebut membawa dampak keluhanan yang dirasakan oleh warga, diantaranya terhambatnya aktifitas rumah tangga seperti memasak, mencuci, mandi, buang air kecil dan besar, belajar anak, saran informasi dan komunikasi serta dikhwatirkan adanya tindak kejahatan yang bisa saja terjadi di wilayah tersebut.

Pada kesempatan yang sama Ketua BPD Semuntai, Bahruddin menyampaikan bahwa persoalan ini sangat meresahkan masyarakat di wilayah Afdeling dan mengapa harus terus terjadi setiap tahun.

"Sistem anggaran perihal bahan bakar mesin Genset listrik maupun pompa penyuplai air bersih di Perusahaan harus bisa terkelola dan dikendalikan dengan baik, serta harapan kedepannya pihak perusahaan bisa segera melakukan transisi bekerjasama dengan PLN sehingga persoalan seperti ini tidak selalu terjadi setiap tahunnya" tambah Bahruddin.

Pada pertemuan tersebut juga, Pemerintah Desa Semuntai melayangkan surat perihal keluhan masyarakat mengenai pemadaman listrik dan krisis air bersih kepada pihak PTPN IV Regional V yang diterima langsung oleh Anwar Ashari selaku Manajer Kebun Tabara PTPN IV Regional V.

Anwar Ashari menjelaskan kronologis pemadaman listrik dan krisis air bersih yang berkepanjangan sudah selama 6 hari di wilayah kerjanya. Hal ini terjadi karena keterlambatan pengiriman bahan bakar oleh pihak ke III yaitu vendor serta adanya perubahan perjanjian kerjasama vendor perihal harga bahan bakar dengan manajemen PTPN IVregional V.

"Keluhan ini akan kami teruskan kepada unsur pimpinam direksi PTPN IV Regional V untuk segera ditangani" Tambahnya.

Sebelum pertemuan ditutup, Kepala Desa Semuntai menegaskan kembali meminta kepada pihak manajemen PTPN  IV Regional V agar mencari solusi terbaik dengan cepat serta hal tersebut tidak terulang kembali.

"Kita hadir karena masyarakat dan untuk masyarakat, listrik dan air bersih merupakan suatu kebutuhan utama manusia yang sangat vital untuk kehidupan sehari-hari, kita tidak boleh mengabaikannya, karena itu perbuatan zalim", tutup Saleh.

 

 

*)Sumber : https://semuntai.kim.id/

APBD 2025 Pelaksanaan

APBD 2025 Pendapatan

APBD 2025 Pembelanjaan